Jumat, 29 Mei 2015

14. Penyakit Organ Tubuh Limpa Atau Splenomegali


Apa Itu Penyakit Organ Tubuh Limpa Atau Splenomegali?

 
Limpa adalah kelenjar yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi dan berfungsi menghancurkan sel darah merah tua. Limpa termasuk salah satu organ berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat zat asing. Limpa terletak di bagian depan dan dekat punggung rongga perut bagian atas kiri, persis di bawah tulang rusuk di antara diafragma dan lambung.

Limpa memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Tidak adanya limpa dalam tubuh membuat manusia lebih gampang terkena infeksi. Organ tubuh limpa menyaring darah, menyimpan sel-sel darah, dan menghancurkan sel darah tua. Limpa diperlukan untuk melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri. 

Bayi yang baru lahir memperoleh kekebalan terhadap bakteri dari ibu melalui plasenta. Sampai anak mengembangkan pertahanan sendiri terhadap infeksi (imunitas aktif), perlindungan terhadap bakteri tergantung pada sel-sel limpa. Sel darah merah yang belum matang mendapatkan kematangan selama perjalanan mereka melalui limpa. Selain itu, sel-sel darah abnormal dan sel darah tua juga dihilangkan. Sel-sel darah putih yang diproduksi di organ, ditugaskan menghilangkan bakteri, jaringan mati dan benda asing dari darah.

Gejala Apa Yang Mungkin Muncul Apabila Seseorang Terkena Penyakit Organ Tubuh Limpa Atau Spenomegali?
 
·  Sakit atau perasaan penuh di bagian kiri atas perut yang bisa menyebar ke bahu kiri
·  Mengalami kurang darah atau anemia
·  Gampang kelelahan
·  Mudah mengalami infeksi dan perdarahan
·  Bengkak

Pembesaran limpa adalah masalah yang paling umum yang mengganggu fungsi limpa normal. Dikenal sebagai splenomegali yang disebabkan karena adanya endapan yang menumpuk di limpa atau karena aliran darah yang mengalir secara abnormal. Pembengkakan pada limpa juga bisa di karenakan adanya infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit, penyakit hati dll. Hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran. Sebuah penyakit yang dikenal sebagai anemia, menyebabkan kerusakan besar pada limpa karena yang organ menyusut dan menjadi non-fungsional. Ini terjadi karena darah yang mengandung oksigen tidak cukup mencapai organ.

Organ cenderung untuk menyimpan sel-sel darah merah dan putih lebih dari yang dibutuhkan. Hal ini menghasilkan kelangkaan dalam ketersediaan sel darah dan trombosit dalam aliran darah yang diperlukan untuk melindungi tubuh terhadap infeksi. Hal ini dikenal sebagai hipersplenisme. Ketika ini terjadi, bagian dari limpa mungkin tidak mendapat cukup darah dan dapat mengalami kerusakan atau mati (berhenti berfungsi).

Penyebab Yang Mungkin Seseorang Terkena Penyakit Organ Tubuh Limpa Atau Spenomegali?
  • Infeksi virus dan bakteri, hal ini karena limpa yang membengkak akan mengurangi jumlah sel darah merah yang sehat, trombosit dan sel darah putih dalam aliran darah, sehingga mudah terkena infeksi.
  • Mengalami anemia dan terjadinya perdarahan.
  • Limpa pecah, limpa yang sehat cenderung mudah rusak terutama dalam kecelakaan mobil. Jika limpa pecah bisa menyebabkan perdarahan yang mengancam nyawa.
  • Sel-sel darah merah abnormal : Karena limpa menyaring sel-sel darah abnormal dan mengeluarkan dari sistem sirkulasi, penyakit-penyakit yang berakibat pada sel-sel darah abnormal akan menyebabkan limpa membesar. Jika tidak keluarkan oleh limpa. sel-sel abnormal ini akan menyebabkan penggumpalan dan mengganggu jalannya sirkulasi darah, dan untuk mengeluarkan sel-sel yang tidak normal ini akan menyebabkan limpa bengkak.
  • Fungsi Organ Tubuh Limpa Melemah : Limpa terlibat dalam pembuatan sel-sel yang melawan infeksi dan bagian dari responnya adalah membesar.
Limpa membesar ketika organ ini dipaksa untuk melakukan pekerjaan yang berlebihan dalam menyaring atau membuat sel-sel darah, dan jika ada aliran darah yang abnormal padanya, atau jika ia diserbu dengan sel-sel abnormal atau endapan edapan. 

Apa penyakit Organ Tubuh Limpa Atau Splenomegali bisa disembuhkan?

Penyakit Organ Tubuh Limpa Atau Splenomegali bisa disembuhkan. Banyak pasien Sinshe Jerry yang telah disembuhkan oleh penyakit Organ Tubuh Limpa Atau Splenomegali.





Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar