Kamis, 13 Agustus 2015

53. Penyakit Gugup

Apa Itu Penyakit Gugup?
Kegugupan membuat kita sukar untuk berpikir jernih ataupun bertindak secara efektif dan akurat, rasanya sangat kikuk dan segala-galanya tiba-tiba macet seketika. Jika kita termasuk orang yang mudah gugup, sulit bagi kita untuk mengambil keputusan atau tindakan yang tepat dan bijak khususnya dalam situasi yang menentukan.

Gugup merupakan masalah mental yang sering dialami sebagai reaksi tubuh terhadap stres. Namun, pada orang tertentu keadaan tersebut dapat timbul tanpa ada stres yang nyata atau sebagai reaksi terhadap situasi yang pada orang lain tidak menimbulkan stres. Orang yang mudah gugup dan gelisah dapat disebabkan oleh sistem saraf yang terlalu aktif.

Kira Kira Gejala Apa Yang Bisa Ada Apabila Seseorang Terkena Penyakit Gugup?
Penyakit Gugup bisa timbul sewaktu waktu ketika seseorang tampil berbicara didepan Umum atau khalayak ramai, berpidato, berArgumen, Presentasi dsb belum maju udah gemetaran keringat dingin dan demam panggung. Pada saat itu bisa hilang semua yang mau kita sampeiin keorang orang dan penyakit ini juga akan timbul pada saat kita berbicara pada seorang wanita atau bahkan waktu berhadapan didepannya saja kita sudah gemetar. Grogi, ngomong ga beraturan atau gak jelas terbata bata.

Telapak tangan anda mulai berkeringat, anda tidak merasa tenang, gugup, dan omongan anda yang patah-patah.
Deg-degan, keringat dingin, mual, dan mulas campur jadi satu. 
Menderita demam panggung.

Kira Kira Apa Yang Menyebabkan Seseorang Terkena Penyakit Gugup?

Biasanya gugup itu datang saat rasa percaya diri kita berkurang. 
Peristiwa atau pengalaman yang kurang baik bisa membuat kita kehilangan rasa percaya diri, merasa gelisah dan menjadi sangat gugup. Menghadapi ujian, wawancara, berbicara di depan publik, atau ketika mendengar berita mengejutkan, dikagetkan, dan hal-hal lain yang tiba-tiba melibatkan luapan emosi, semua itu cenderung membuat seseorang menjadi gugup.

Pengalaman traumatis di masa lalu.
Pernah mengalami rasa ketakutan, dipermalukan di hadapan orang, tidak berdaya mengalami kekerasan baik secara mental maupun fisik. Hal ini membuat seseorang sering teringat dengan hal-hal buruk di masa lalu dan menimbulkan rasa gugup.

Kurang Latihan.
Kurang biasa untuk menghadapi hal tak terduga, mendatangkan rasa nervous dan kadang-kadang membuat kita cenderung menghindari tantangan dan peluang baru. 

 Kira Kira Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Seseorang Terkena Penyakit Gugup?

Sebelum presentasi, siapkan diri dulu dengan memahami materi apa yang akan kita bawakan. Biar nggak ribet, bikin saja pointers di kertas kecil tentang apa yang akan kita presentasikan. Nggak usah menulis panjang lebar, ya.

Tenang dan hadapi audience dengan percaya diri. 
Usahakan untuk berbicara jelas dan nggak usah terburu-buru. ambil nafas panjang untuk makin mengurangi grogi.
Usahakan Presentasi anda bermutu, berguna dan untuk kebaikan orang.
Jangan lupa juga untuk eye contact sama audience, ya.

Sikap tenang. Tarik nafas panjang, bangkitkan semangat pribadi dan gunakan akal sehat. Ketenangan akan menghalau perasaan gugup, dan memberi kita konsentrasi untuk bersikap dan bertindak dengan lebih efektif.

Anda Harus Siap

Jika anda akan mengadakan presentasi maka pelajarilah catatan-catatan anda dan apa yang akan anda sampaikan secara cermat sebelum anda maju ke depan. 

Jika anda akan memiliki pertemuan penting, lakukan tugas-tugas anda, sehingga anda bisa mengetahui apa yang mungkin atau akan muncul pada pertemuan tersebut. 

Jika anda akan berkencan, mungkin pikirkanlah beberapa topik yang menarik atau pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan agar ketika pembicaraan anda berhenti dan menemui titik dimana terjadi keheningan yang aneh, anda sudah siap. 

Jika anda akan melakukan interview pekerjaan, pikirkan tentang apa yang mungkin akan ditanyakan oleh mereka dan pikirkanlah beberapa jawaban yang baik.

Mempersiapkan ini semua dengan hati-hati dan cermat akan mengurangi rasa gugup anda. Mungkin mempersiapkan semua ini tidak selalu menyenangkan, tapi persiapan yang matang tidak hanya akan sangat membantu untuk menghilangkan rasa gugup tapi juga memberikan hasil yang optimal pada presentasi anda atau akan membuat anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Ambillah napas dari perut beberapa kali untuk menenangkan diri dan mengkonsentrasikan diri anda pada situasi saat ini, serta menghilangkan pemikiran negatif yang akan terjadi nanti. Setelah napasmu kembali normal dan tenang, visualisasikan sebaik apa pertemuan yang akan datang itu.

Tarik Napas 30 kali Dalam-dalam

Bernapas melalui perut adalah hal yang mengagumkan untuk menghilangkan rasa dan visualisasi negatif dan mengembalikan diri kita pada keadaan saat ini. Hanya dengan beberapa kali bernapas melalui perut bisa merubah rasa gugup dan napas pendek menjadi tenang dan tegar. Sungguh mengagumkan betapa cepatnya hal ini bisa merubah perasaanmu. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda lakukan :

·         Duduk dengan posisi yang santai dengan kakimu terlentang.
·         Simpan tangan anda di perut. Menggunakan perut, bernapaslah perlahan melalui hidung. Jika anda melakukannya dengan benar, maka perut anda akan membesar dan anda akan merasakannya melalui tanganmu.
·         Buang napas secara perlahan melalui hidung dan lakukan dengan sedikit tenaga sehingga perut bisa tertarik masuk ke dalam menuju punggung anda.
·         Tarik dan buang napas selama 30 kali, ambillah napas yang perlahan dan dalam.
·         Setelah anda mengambil 30 kali napas dalam dan fokus untuk menghitungnya, maka tidak hanya anda akan merasakan lebih santai dan terfokus, tubuh anda juga akan secara otomatis bernapas seperti itu tanpa perlu fokus padanya.
·         Mengambil napas dengan menggunakan perut akan berguna juga ketika anda mulai merasa gugup atau tidak fokus ketika anda dalam interview/presentasi pertemuan.

Hal yg membuat gugup adalah pikiran ragu-ragu yang kita miliki. anda harus mengurangi pikiran tsb dan menutupinya dengan sesuatu yg membuat kita percaya diri.
Untuk dapat melakukan hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut :
1. FOKUS PADA TUJUAN AWAL
Fokuslah pada tujuan awal kita berada. sebagai contoh saat sedang interview untuk mendapatkan pekerjaan fokuslah pada pertanyaan yang diajukan dan bagaimana kita bisa menjawab dengan baik.
2. CARILAH TEMAN YANG BERSAMA ANDA
Cara paling mudah untuk menghilangkan gugup adalah dengan mencari teman yang dapat membantu anda untuk tetap fokus pada masalah yang sedang dihadapi.
3. BUAT DIRI ANDA SIBUK
Adanya waktu kosong merupakan salah satu penyebab kita menjadi gugup. tetap fokus kan fikiran anda pada atau mengalihkan perhatian kepada sesuatu yang membuat anda tenang.
4. TAHU APA YANG AKAN ANDA KATAKAN
Mempersiapkan kata kata yang akan anda katakan.
5. BERSIKAP DAN BERFIKIR POSITIF
6. BERUSAHALAH BERPENAMPILAN BAIK YANG MEMBUAT ANDA NYAMAN SEHINGGA MENAMBAH KEPERCAYAAN DIRI
Mengenakan pakaian yang baik dapat menambah kepercayaan diri dan mengurangi kegelisahan anda serta itu akan menunjukkan bahwa anda menghormati diri anda sendiri dan orang lain di sekitarnya



Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696 
Email: leojerry3@yahoo.com

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar