Rabu, 17 Juni 2015

21. Penyakit Jari Tangan Tidak Bisa Menekuk/Tidak Bisa Diluruskan/Trigger Finger


Apa Itu Penyakit Jari Tangan Tidak Bisa Menekuk/Tidak Bisa Diluruskan/Trigger Finger?



Jari-jari tangan tidak bisa menekuk terus atau tidak bisa diluruskan adalah kondisi jari yang kaku yang biasa disebut trigger finger. Trigger finger terjadi karena pengapuran tendon otot jari tangan sehingga selubung tendonnya terjepit dan jari tak bisa diluruskan.

Karena faktor usia, orang tua lebih rentan terhadap pengapuran tendon otot jari tangan ini. Tetapi tidak menutup kemungkinan terjadinya kepada orang yang masih muda. Karena itu banyak orang menyebut gejala trigger finger ini dengan rematik jari tangan. Trigger finger ini biasanya terjadi pada keempat jari tetapi lebih banyak terjadi pada jari tengah, jari manis, dan kelingking lebih sedikit pada ibu jari karena kerja ibu jari biasanya lebih ringan dibandingkan jari-jari lain.

Keluhan begitu terjadi karena gerakan berlebihan dan berulang-ulang pada jemari tangan. Gerakan tangan menggenggam berulang-ulang menimbulkan gesekan antara otot-otot jari tangan (tendon fleksor jari) dan first annular pulley (sendi antara jari dan telapak tangan). Gesekan itu mengakibatkan radang dan bengkak pada tendon-tendon jari tangan. "Karena meradang, otot-otot jari tangan tidak bisa melewati lubang first annular pulley. Akibatnya, jari tangan tidak bisa kembali lurus," 

Keluhan pertama yang mungkin muncul biasanya dirasakan adalah nyeri pada first annular pulley saat meluruskan jari. Bahkan, jika sudah parah, sekadar menggenggam, jari sudah nyeri. Gejala ini muncul biasanya dimulai tanpa adanya cidera
 .


Gejala gejala lain yang mungkin muncul adalah benjolan kecil, nyeri di telapak tangan, pembengkakan, rasa tidak nyaman di jari dan sendi. Kekakuan akan bertambah setelah tidak melakukan aktifitas, misalnya saat anda bangun pagi. Dan kadang kekakuan akan berkurang saat melakukan aktifitas. 

Pada pemeriksaan, sering terdengar bunyi klik saat pasien meluruskan jari setelah menggenggam. Selain itu, mungkin ada benjolan di daerah tangan. Terkadang pasien musti menggunakan jari dari tangan yang lain untuk membantu meluruskan kembali jari tangan yang tidak bisa diluruskan kembali.




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar