Sabtu, 27 Juni 2015

27. Penyakit Sakit Leher

Apa Itu Penyakit Sakit Leher?

 

Sakit leher atau sakit pada bagian tengkuk merupakan sakit yang dialami oleh banyak orang, sakit yang berupa nyeri pada bagian sekitar leher dan pundak ini dapat berasal dari berbagai macam sumber atau penyebab. 
Sakit leher yang dirasakan setiap orang dapat bermacam-macam tergantung penyebabnya. Sakit yang menjalar ke lengan, sakit pegal, leher terasa kaku ataupun susah menggerakkan leher adalah berbagai manifestasi yang timbul. Selain itu, keluhan yang juga sering dirasakan adalah kebal atau baal pada bagian tangan, hal ini dirasakan bilamana terdapat penjepitan saraf yang mengenai level saraf dari bagian leher.

Sakit leher kronis dapat menyebabkan penurunan kondisi, otot kaku, kontraktur (leher bengkok), dan kekakuan. Akan ada penurunan gerakan leher, bahkan mungkin membengkokkan tubuh.

Gejala berkaitan dengan nyeri leher :

Tonjolan yang terselip di daerah leher dapat menyebabkan nyeri leher berkepanjangan dengan kekakuan yang konstan di sekitar leher dan otot bahu. Nyeri ini bisa menyebar ke bahu atau lengan. Bergantung pada derajat tonjolan, ruas tulang belakang dapat dipersempit ke berbagai tingkat memberikan rasa kebas dan kelemahan pada tangan.

Sakit kepala tertentu yang berhubungan dengan nyeri leher. Mereka muncul secara spontan, kadang begitu kuat hingga membangunkan pasien dari tidur. Rasa sakit kerap terasa tajam dengan masing-masing durasi berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam. Hal ini dapat disertai dengan rasa kebas di bahu ataupun tangan.

Sering kali, pasien memiliki banyak titik picu lemah di atas bahu mereka, leher dan punggung atas, di antara skapula mereka dan menyebabkan lengan lemah. Nyeri ini mungkin dipicu oleh stres.

Nyeri otot yang secara umum melibatkan leher, pinggang bawah, bahu, bokong, dan anggota gerak. Ada sering keterlibatan kelelahan yang parah, nyeri perut, atau tekanan psikologis. Pasien mungkin mengalami kekakuan sendi di tangan, kaki, dan leher pada pagi hari.

Jika seseorang bergegas untuk memenuhi tenggak waktu, tanpa sadar, otot-otot leher menegang dan leher memendek sehingga menyebabkan sendi leher tertekan. Studi telah menunjukkan bahwa stres mengurangi pernapasan seseorang, mengurangi oksigenasi untuk sejumlah otot tertentu.

Saat tidur kita tidak sadar saat melakukan perubahan posisi dan posisi leher yang salah akan menyebabkan sakit leher di pagi hari pada saat bangun tidur. 
Rasa sakit di tengkuk kadang disertai pusing sangat tidak nyaman saat beraktifitas.

Orang biasa menghubungkan nyeri leher ini dengan "salah bantal". Memang ada benarnya salah posisi bantal bisa menyebabkan ketegangan otot leher meskipun bisa saja saat menjelang tidur kita sudah benar menggunakan bantal tetapi terjadi perubahan posisi saat tidur yang menyebabkan leher tertekuk dalam waktu lama.

Posisi leher yang salah ini menyebabkan ketegangan berlebihan otot disekitar leher, tengkuk, bahu dan daerah sekitarnya yang menimbulkan rasa sakit.

Pencegahan
- Gunakan bantal yang empuk dan lembut.
Bantal yang empuk akan menyebarkan beban diseluruh permukaan leher dan kepala. Selain menghindari tertekuknya leher, bantal yang empuk juga membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.
- Lurus
Pada saat akan tidur sebaiknya posisikan tubuh miring dengan menjaga agar tulang punggung, leher dan kepala tetap berada dalam garis lurus. Posisi kepala tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.
Nyeri pada leher biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher. 

Leher bertugas menopang sebagian besar gerak dan mendukung berat kepala. Namun karena kurang terproteksi dari sisa tulang belakang, leher bisa menjadi rentan terhadap cedera dan gangguan yang menghasilkan rasa sakit dan membatasi gerakan. 

          Kira-Kira Apa Yang Menyebabkan Seseorang Terkena Penyakit Sakit Leher?

Penyebab utama sakit leher adalah pengapuran, terutama pada orang yang beranjak ke usia tua. Selain pengapuran, penyebab lainnya adalah penjepitan saraf ataupun kesalahan posisi dalam menyikapi posisi leher yang benar.
Sakit leher bisa terjadi akibat berbagai penyebab, mulai dari cedera sampai beberapa penyakit. Penyebab paling umum antara lain:
● Otot tertarik: Terlalu lama membungkuk sering memicu otot tertarik. Otot leher, terutama di bagian belakang leher, menjadi lelah dan akhirnya tegang. Bila Anda terlalu sering menggunakan otot-otot leher berulang kali, sakit kronis dapat terjadi. Bahkan hal-hal kecil seperti membaca di tempat tidur atau menggertakkan gigi dapat menyebabkan regangan otot leher.
● Aus sendi: Sama seperti semua sendi lain dalam tubuh, persendian leher cenderung mengalami keausan seiring bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan osteoarthritis di leher.
● Cedera: Tabrakan dari belakang sering mengakibatkan cedera salah urat, yang terjadi ketika kepala tersentak ke depan dan kemudian mundur. Akibat gerakan mendadak itu, terjadi peregangan berlebihan di jaringan lunak leher.
● Penyakit: Sakit leher kadang-kadang dapat disebabkan oleh penyakit, seperti rheumatoid arthritis, meningitis atau kanker. Rheumatoid arthritis dapat menghancurkan sendi-sendi di leher dan menyebabkan kekakuan dan sakit parah. Rheumatoid arthritis biasanya terjadi di daerah leher bagian atas.
● Kesalahan posisi tubuh: Misalnya condong ke depan saat bekerja dengan komputer atau duduk membungkuk dalam waktu lama.

Tindakan Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mencegah Sakit Leher?

● Ambil waktu istirahat jika Anda berkendara jarak jauh atau bekerja berjam-jam di depan komputer. Luruskan posisi leher dengan tulang belakang dan jangan condongkan leher ke depan untuk mengurangi ketegangan leher. Cobalah untuk menghindari mengertakkan gigi.
● Sesuaikan meja, kursi dan komputer sehingga monitor sejajar dengan mata. Lutut harus sedikit lebih rendah dari pinggul dan gunakan sandaran lengan kursi.
● Hindari menyelipkan telepon antara telinga dan bahu saat Anda berbicara. Jika Anda banyak menggunakan telepon, pasang headset.
● Sering-sering melakukan peregangkan jika Anda bekerja di meja. Angkat bahu ke atas dan ke bawah. Tarik tulang belikat bersama-sama dan kemudian relaks. Tarik bahu ke bawah sambil menyandarkan kepala ke samping untuk meregangkan setiap otot leher.
● Hindari tidur tertelungkup. Posisi ini memberi tekanan pada leher, Pilih bantal yang mendukung kurva alami leher.





Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  Email: leojerry3@yahoo.com

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar