Sabtu, 27 Juni 2015

26. Penyakit Belum Punya Anak / Mandul / Infertilitas

Apa Itu Penyakit Belum Punya Anak / Mandul / Infertilitas?


ADA pasangan suami-istri yang telah menikah 15 tahun lamanya belum dikaruniai anak. Pasangan ini sangat menanti lahirnya sang buah hati namun tak kunjung tiba. Si istri mulai dihinggapi perasaan takut jika suaminya berpaling ke lain hati demi memiliki ‘investasi’ berharga yang satu ini, sementara sang suami mulai putus asa.
Di tempat berbeda, seorang istri berkaca-kaca matanya ketika melihat test pack yang menunjukkan bahwa dirinya positif akan menjadi seorang ibu dari jabang bayi yang tengah dikandung. Hampir saja ia tidak percaya. Dilihatnya berulang-ulang dengan tatapan serius. Akhirnya senyum gembira menghiasi bibirnya. Selang kemudian, suaminya yang diberi tahu oleh istri langsung bersyukur. Tangis kedua pasangan ini pecah seketika, membahana di seisi rumah.
Dulunya si istri pernah mengatakan, “Saya bosen liat test pack. Saya sampek beranggapan mungkin memang sudah takdir saya tidak punya keturunan. Saya hanya mencoba, barangkali ada sebuah keajaiban. Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan telah berkehendak.”
Kita yakin dengan sebenar-benarnya, siapa pun yang akan dan telah menikah pasti menginginkan kelahiran buah hati penyejuk jiwa, generasi penerus, dan pelengkap keharmonisan keluarga. Tanpa anak, rasanya kehidupan rumah tangga berjalan dengan garing, tak ada canda tawa yang lebih asyik. Di luar, ribuan pasangan di seantero alam yang belum dikaruniai anak selalu menanti kapan tibanya hari H yang satu ini.
Keberadaan anak di tengah rumah tangga merupakan impian setiap lelaki dan wanita yang menikah.
Banyak yang menganjurkan kita untuk menikah dengan orang (pria/wanita) yang subur, bisa memberikan keturunan yang sehat, prima, terampil, dan paling penting, anak yang baik.
Anak adalah buahnya hati. “Segala sesuatu memiliki buah dan buahnya hati adalah anak.” “Wangi seorang anak merupakan bagian dari wewangian surga.”
Ada yang pernah merasakan pengalaman yang saat ini dirasakan oleh ribuan pasangan yang belum memiliki anak. Mereka tidak berputus asa, kecewa, dan galau, tapi tetap percaya semua ada hikmahnya. Mereka tetap berdoa dan berusaha.
Penantian akan seorang anak akan terjawab, seorang anak akan Tuhan berikan kepadanya. 
Anak merupakan penerus perjuangan dan harapan orangtua.
“Tetaplah berharap keturunan, sesungguhnya keturunan adalah penyejuk mata dan kebahagiaan hati.”

Cerita ini bisa menjadi motivasi kepada siapa saja yang belum memiliki anak kandung untuk terus berdoa. Selain berdoa, usaha dan amal nyata jangan kita abaikan. 

Kira Kira Tips Apa Yang Bisa Membantu Agar Cepat Hamil??? 

Pertama, hindari suasana yang menggiring anda menjadi stress. Caranya, manjakanlah diri Anda dengan beragam kegiatan yang akan memberikan suasana sehat, baik dari segi fisik maupun psikis.
Dengarkanlah musik kesukaan Anda, membaca buku, berjalan santai dengan pasangan Anda. Intinya lepaslah lelah dan penat dari diri Anda. Buatlah diri Anda bahagia. Buang jauh-jauh perasaan tertekan.

Kedua, selalu berpikir positif. Apapun yang anda alami dan kerjakan, usahakan sekuat tenaga untuk mengambil sisi-sisi positifnya. Hindarilah kerumunan orang yang bisa membuat anda berpikir negatif, baik karena ucapan dan tingkah lakunya.
Isilah waktu-waktu Anda untuk berbuat sesuatu yang bernilai kebaikan dan membangun jiwa anda agar tetap optimis.

Ketiga, ketika Anda telah berusaha menghindari suasana yang membuat stress dan berpikir yang tidak-tidak, berikutnya ialah abaikan tekanan dari pihak keluarga dan orang terdekat yang menyebabkan Anda kehilangan konsentrasi dalam memperoleh keturunan.

Keempat, mengonsumsi makanan bergizi kaya nutrisi dan vitamin seperti makanan yang kaya dengan kandungan asam folat, protein, zat besi, dan mineral. Kehamilan dan gizi dua perkara yang tidak bisa dipisahkan bagaikan dua sisi mata uang yang saling bergantung dan mendukung.

“Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan telah berkehendak.” Panjatkan doa dan lakukan usaha demi menambah kebahagiaan dengan lahirnya anak yang akan dididik dengan ajaran yang baik dan benar agar ia kelak mendoakan orangtuanya baik saat hidup atau sepeninggalnya.
Bagi para pasangan yang belum beroleh anak bolehlah Anda sedih namun jangan kecewa. Anda pun sah-sah saja cemas tapi jangan sampai membuat Anda berputus asa. Anda, sekali lagi, dapat dimaklumi jika gundah gulana namun jangan kehilangan kebahagiaan dalam berumah tangga.
Kelak saat Anda telah menjadi ayah dan ibu dari seorang anak, maka sayangilah, didiklah, berikan motivasi kepadanya, beri semangat dan visi kehidupan yang baik, buatlah ia memiliki kepercayaan diri.

Apa Itu Penyakit Mandul/Infertilitas?


Mandul/Infertilitas adalah sebuah istilah dapat juga diartikan sebagai kegagalan, tidak berhasil, atau tidak dapat membentuk. Istilah mandul banyak digunakan pada bidang reproduksi yang dimaksudkan untuk membuahkan keturunan pada manusia. Reproduksi dilakukan melalui hubungan seksual antara pria dan wanita.
Pada manusia mandul atau infertilitas mengistilahkan ketidakmampuan pasangan atau salah satu di antara pasangan untuk memiliki keturunan.
Pasangan dapat dinyatakan kurang subur atau infertil pada saat :
Pasangan belum mengandung setelah 12 bulan berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan usia wanita dibawah 34 tahun
Pasangan belum mengandung setelah 6 bulan berhubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan usia wanita di atas 35 tahun (dengan pertimbangan kualitas telur wanita di atas usia 35 tahun menurun secara drastis)
Ketidakmampuan secara biologis untuk mempertahankan kehamilan pada wanita

Beberapa faktor penyebab seseorang menjadi mandul adalah :
Disebabkan oleh faktor biologis
Konsumsi makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan metabolisme reproduksi.

Berhubungan seks hanya dimasa subur. Tujuannya “menabung” sperma. Sayangnya, kebanyakan sperma sudah lelah dan loyo, sehingga tidak berdaya lagi membuahi sel telur. Agar sukses pembuahan, sperma harus segar. Suami harus ejakulasi setidaknya setiap 5 hari sekali agar testikel selalu memproduksi sperma baru.
Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C. Dosis kecil baik untuk kesuburan, tetapi kebanyakan vitamin C misalnya karena minum suplemen malah mengeringkan serviks.

Anda sudah lama menikah dan belum memiliki Anak? Memang, anak adalah dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Bagi yang sudah menikah dan belum memiliki anak, akan merasa resah, bahkan menimbulkan permasalahan dalam keluarga. Saling menyalahkan, sering ribut karena hal sepele, bahkan ada yang berakhir dengan perceraian. 
Kesehatan organ reproduksi anda dan pasangan adalah syarat mutlak yang wajib dipenuhi. Kesehatan reproduksi ini diperlukan untuk mempersiapkan tubuh saat proses konsepsi sehingga peluang terjadinya kehamilan semakin optimal. Salah satu kunci sukses untuk berencana mendapatkan keturunan. 

Pada pihak suami, kualitas, kuantatitas, serta mobilitas (pergerakan) sperma harus tetap baik untuk dapat membuahi sel telur. Apabila kedua syarat ini telah terpenuhi, maka akan lebih mudah bagi setiap pasangan mewujudkan impian mereka untuk segera menjadi orang tua. 

Begitu juga dengan pihak istri, ia bertanggung jawab menjaga keseimbangan hormon untuk menjamin siklus menstruasi bulanan tetap normal, sel telur yang matang, serta perkembangan jaringan reproduksi di dalam rahim untuk implantasi sel telur. 

Beberapa masalah infertilitas seperti siklus menstruasi tidak teratur, PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome), Endometriosis, jumlah dan motilitas sperma yang rendah, menjadi faktor utama yang menyebabkan pasangan suami istri terhambat keinginannya untuk mempunyai anak.

Semua pasangan yang baru menikah pasti ingin cepat punya anak itu sebagai bentuk kalau pasangan tersebut memang normal. Tetapi beberapa pasangan masih belum mempunyai anak setelah beberapa tahun menikah nah kalau begini berarti ada yang perlu di koreksi.
1. Berdoa
Kekuatan doa adalah sebuah kekuatan yang sangat luar biasa manfaatnya. Ingatlah bahwa Tuhan  tidak pernah tidur dan akan mendengar doa – doa dari hambanya.
Dan yakinlah bahwa Tuhan selalu punya rencana baik buat umatnya.
2. Melihat Masa Subur
Masa subur wanita adalah waktu yang paling baik untuk mendapatkan kehamilan, sebab di waktu itu sel ovum akan dapat dengan mudah menerima sel sperma untuk di buahi. Sebisa mungkin melakukan hubungan pada masa-masa itu.
3. Menjaga Kesehatan dan Makan  makanan bergizi
Menjaga kesehatan pada masa-masa menginginkan kehamilan adalah wajib bagi tiap pasangan yang ingin cepat hamil. Makanlah makanan yang tinggi gizi untuk kesehatan reproduksi anda berdua. 
4. Hindari Stress
Stres secara terus  menerus dapat mengganggu sistem reproduksi di dalam tubuh termasuk sistem tubuh yang lainnya. Itulah alasan mengapa lebih banyak pasangan yang mandul dan memiliki sedikit anak pada masyarakat perkotaan dibandingkan dengan masyarakt pedesaan yang tingkat stresnya cenderung lebih sedikit. 
5. Tidak memakai alat kontrasepsi 
Kalau anda sedang melakukan program pemakaian alat kontrasepsi baik pil KB, kondom dll berarti anda belum ingin memiliki anak.
6. Berhubungan Badan secara terjadwal
Sperma dapat hidup selama max 5 hari di dalam rahim. Karena itu untuk meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan, lakukan hubungan 2 hari sebelum masa ovulasi/ keluarnya sel telur. 
7. Minum Vitamin
Untuk cepat hamil, konsumsi vitamin maupun jenis makanan mengandung zat-zat dibutuhkan untuk kesuburan sangatlah penting. Vitamin C, salah satunya, dapat meningkatkan kualitas sperma sedangkan Vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.
Dan wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki kesempatan hamil yang lebih baik dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Asam folat juga berperan penting dalam pembentukan tabung otak sang janin kelak.
8.  Posisi yang tepat pada saat berhubungan
Untuk pasangan yang sudah mendambakan kehadiran sang buah, missionary adalah posisi yang paling disarankan. Mengingat posisi ini memungkinkan penetrasi yang cukup dalam sehingga rahim dapat menyimpan sperma untuk waktu yang lebih lama. Sebaiknya hindari posisi woman on top, karena memperkecil kemungkinan rahim untuk menyimpan sperma.
9. Jaga Berat Tubuh Anda
Kelebihan berat badan akan membawa pengaruh yang kurang baik bagi tingkat kesuburan Anda. Usahakanlah untuk mencapai berat tubuh yang ideal terlebih dulu.
10. Pola Makan
Sebenarnya tidak ada yang spesifik untuk jenis makanannya. Namun, beberapa saran umum ini bisa dilakukan, seperti :
Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena jenis makanan ini bisa membuat peningkatan kadar radikal bebas dalam tubuh dan kadar kolesterol darah meningkat. Contoh sederhana; makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang sudah dipakai berulang-ulang.
Kurangi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Ini bisa mengundang penyakit diabetes untuk hinggap di tubuh Anda.
Meningkatkan konsumsi sayuran lebih banyak dari pada konsumsi daging.
Meningkatkan konsumsi serat baik dari sayuran maupun buah-buahan.




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  Email: leojerry3@yahoo.com

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar