Rabu, 17 Juni 2015

22. Penyakit Rambut Rontok Dan Kebotakan / Alopesia


Apa Itu Penyakit Rambut Rontok Dan Kebotakan / Alopesia?



Penyakit Rambut Rontok Dan Kebotakan / Alopesia Adalah keadaan hilangnya / penipisan rambut pada kulit kepala atau bagian tubuh lainnya. Rambut rontok dapat terjadi pada sebagian bahkan seluruh bagian rambut kepala (alopesia totalis), lebih parah lagi hilangnya seluruh rambut pada tubuh (alopesia universalis). 

Rambut rontok dapat terjadi pada siapa saja baik pria, wanita, anak-anak bahkan orang tua sekalipun. Kecantikan bukan saja hanya dipandang dari wajah dan tubuh saja. Rambut pun juga harus menjadi perhatian Anda. Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Perawatan dilakukan supaya rambut tidak mudah rontok dan rusak.

Pria yang mengalami kerontokan rambut bisa menyebabkan kebotakan rambut. Kerontokan rambut yang terjadi pada pria, dapat disebabkan oleh perubahan hormon testosteron yang juga memainkan peranan penting dalam tubuh manusia termasuk pada rambut. Stress juga menimbulkan kerontokan rambut.  

Kebotakan seperti pada pria (proses rontoknya rambut yang biasanya banyak terjadi pada kaum pria yaitu mula-mula rambut di bagian pelipis akan rontok dan kemudian di bagian puncak kepala, diikuti dengan semakin membesarnya area kebotakan di bagian tersebut).

Kebotakan pada pria adalah hilangnya rambut kepala yang progresif pada garis rambut dahi dan pada puncak kepala. Rambut rontok yang terjadi pada pria, terkadang membuat bebeerapa pria menjadi tidak percaya diri dan pada sebagian pria mungkin merasa nyaman dengan memiliki rambut yang botak dengan berbagai alasan variatif. 



Rambut merupakan mahkota perempuan. Rambut memang salah satu penunjang kecantikan seoarang wanita. Kerusakan pada rambut akan membuat setiap wanita yang mengalaminya menjadi stres.

Pada Wanita, rambut rontok terjadi, terutama pada rambut yang panjang, karena akar rambut yang rapuh. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kerontokan pada rambut, yang harus diperhatikan adalah akar rambutnya. 

Penyebab rambut rontok pada wanita bermacam-macam. Bisa stres, radiasi, pemakaian obat-obat keras, ataupun keadaan setelah melahirkan.


Penyebab rambut rontok pada wanita yang lain adalah hormon, penyakit dalam kronis, penyakit jamur kulit, alergi, penyakit kulit kronis dan stres emosional. 

Perlu diperhatikan jangan tidur dengan membiarkan rambut terikat atau bando menempel karena akan memicu terjadinya kerontokan.

Perawatan rambut yang tepat untuk rambut rontok pada wanita adalah :
Tidak menyisir ketika rambut basah
Biarkan kering alami
Hair dryer temperatur rendah
Hair dryer jarak 10-15 cm
Sisir, bukan sikat rambut
Sisir bergerigi panjang
Tidak mengikat rambut terlalu kencang
Sering mengubah garis belahan dan gaya rambut
Sering mengurai rambut
Menyisir secukupnya
Melindungi rambut dari sinar matahari
Menyediakan waktu untuk merawat rambut

Rambut rontok benar-benar membuat stres. Siapa yang tidak panik ketika melihat banyak helaian rambut tertinggal di sisir? 

Apa Yang Mungkin Menyebabkan Penyakit Rambut Rontok Dan Kebotakan / Alopesia?

Penyebab kerontokan rambut bisa disebabkan karena kulit kepala yang abnormal.
Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh kurangnya nutrisi dan vitamin yang cukup untuk akar rambut, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin membuat akar rambut mudah rapuh dan menyebabkan rambut rontok.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh jarang melakukan keramas. Ketika rambut jarang dikeramasi, rambut akan terlihat lembab akibat paparan sinar matahari dan bercampurnya rambut dan akar rambut dengan keringat. Keringat juga terdapat di kulit kepala yang diserap oleh folikel rambut, ketika keringat berlebih di kepala, rambut akan terlihat “lepek” atau basah dan menimbulkan bau.

Terlalu sering menggunakan pengering dan penggeriting rambut.


Seringnya menggunakan bahan kimia pada rambut seperti seringnya mewarnai rambut.

Ketidakseimbangan hormon, terutama pada mereka yang berusia diatas 30 tahun. Perubahan hormon di usia tersebut dapat mengakibatkan kerontokan rambut.

Akibat radikal bebas baik dari paparan sinar matahari, polusi dan bahan kimia.

Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh seringnya mengikat rambut terlalu kuat dengan ikat rambut yang digunakan terlalu lama.

Kelainan genetis atau karena faktor keturunan yang disebabkan oleh salah satu gen orang tua.

Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan penyakit seperti diabetes, kanker akibat efek kemoterapi dan kanker otak.

Stres yang terlalu berat, sehingga urat-urat syaraf di sekitar kepala memaksa akar rambut menjadi lemah dan akhirnya rambut menjadi rontok.

Infeksi seperti Ringworm dapat menyerang rambut dan kulit kepala yang menyebabkan rambut rontok.

Selain itu adapula penyebab kerontokan rambut yang disebabkan oleh keadaan tubuh yang kekurangan nutrisi dan asupan nilai gizi lainnya seperti zat besi apabila seseorang sedang menjalani diet keras dan tidak disiplin sehingga asupan gizi dan komponen lainnya yang diperlukan dalam tubuh menjadi berkurang. Jenis obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara terus menerus yang kemudian menimbulkan efek samping yang menyebabkan rambut rontok pada sebagian orang. Pada sebagian wanita yang menggunakan alat kontrasepsi seperti pil yang diminum juga memungkinkan adanya efek negatif pada kerontokan rambut.

Perubahan dan ketidak seimbangan hormon tubuh juga memiliki peranan aktif dalam masalah rambut rontok. Perubahan hormon ini dapat terjadi pada seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan, seseorang yang memasuki masa menopause, efek samping pemakaian pil kontrasepsi dan ketidak seimbangan kelenjar thyroid.


Mengikat rambut yang terlalu kencang juga dapat memberikan peran serta pada kerontokan rambut. Rambut yang ketarik terlalu kencang saat diikat membuat akar rambut menjadi tegang dan melemah sehingga tidak menutup kemungkinan rambut mudah rapuh dan akar rambut menjadi lemah.




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry

Pluit Kencana 2 No: 11 

Jakarta Utara 14450 Indonesia


Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  Email: leojerry3@yahoo.com

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar