Selasa, 07 Juli 2015

32. Penyakit Masalah Bicara / Cadel / Gagu / Gagap


Apa Itu Penyakit Masalah Bicara / Cadel / Gagu / Gagap?

Pita suara adalah komponen penting dalam memproduksi bicara dan bernyanyi. Ketika salah satu atau kedua pita suara tidak bekerja dengan benar; bicara menjadi mendesah dan tersedak dapat terjadi.

Apakah fungsi pita suara pada manusia
Apakah fungsi pita suara pada manusia

Salah satu fungsi pita suara adalah menggetarkan udara yang datang dari paru-paru untuk membentuk suara. Lipatan yang disatukan dan bergetar oleh saraf laring berulang. Sebuah saraf yang berbeda bergerak setiap kali lipat vokal. Kelumpuhan pita suara terjadi ketika saraf tidak bekerja dengan benar dan lipatan tidak bisa bergerak.

Fungsi lain dari pita suara adalah untuk mengontrol saat menelan makanan ke dalam tenggorokan dari mulut. Ketika pita suara tidak bekerja dengan benar; tersedak dapat terjadi, karena lipatan tidak membiarkan makanan lolos: ini sering disebut sebagai imobilitas lipatan vokal.

Fungsi ketiga dari pita suara adalah untuk mengontrol jumlah udara yang dikirim ke dan dibebaskan dari paru-paru. Ketika udara yang masuk ke dalam paru-paru, otot-otot lipatan membuka dalam bentuk V. Imobilitas lipat vokal adalah ketika pita suara tidak membuka dengan benar, menyebabkan masalah napas dan berbicara tidak teratur. Unilateral Imobilitas lipat vokal adalah ketika hanya satu dari dua lipatan tidak bergerak dengan benar untuk melakukan fungsi pernapasan. Bilateral Imobilitas lipat vokal adalah ketika kedua otot lipat tidak berfungsi dengan benar.

Apabila pita suara terjadi permasalahan maka akan menyebabkan berbagai penyakit dan gangguan bicara. 

Gagap merupakan gangguan bicara, dengan indikasi tersendatnya pengucapan kata-kata atau rangkaian kalimat. Hal ini dapat berupa kehilangan ide untuk mengeluarkan kata-kata, pengulangan suku kata, kesulitan mengeluarkan bunyi pada huruf-huruf tertentu, sampai dengan ketidak mampuan untuk mengeluarkan kata-kata sama sekali. 

Biasanya gagap berhubungan dengan masalah kepercayaan diri dan dia mudah gugup. Apabila penderita berhadapan dengan situasi atau seseorang yang membuatnya gugup, maka reaksi tubuh yang sering terjadi adalah ketegangan yang terlihat saat bicara yang dibarengi oleh gerakan-gerakan wajah, gerakan kaki, tangan dan sebagainya. Contohnya: Apabila mengucapkan kata "SAYA MAU MAKAN!" menjadi "SAAAAAAAAYAAAAAAA MAAAAAAU MAAAAAAAAKAN!" Dan sebagainya.

Cadel merupakan istilah untuk ketidakmampuan seseorang untuk melafalkan huruf tertentu. Pada umumnya melafalkan huruf "R" sebagai "L". Contohnya: Apabila mengucapkan kata "SIAP GERAK!" "HORMAT GERAK!" menjadi "SIAP GELAK!" "HOLMAT GELAK!" 

Gagu membuat kata-kata keluar tapi pendengar tidak bisa menangkap artinya. Contohnya: Apabila mengucapkan kata "SAYA LAPAR!" menjadi "EEEEEEEEE!" 

Apa Kira Kira Yang Bisa Menyebabkan Seseorang Terkena Penyakit Masalah Bicara / Cadel / Gagu / Gagap?

Gagap bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikologis. Penyebab fisik yaitu kemungkinan berasal dari keturunan yang menyebabkan ketidaksempurnaan secara fisik seperti gangguan pada syaraf bicara, gangguan alat bicara, keterbatasan lidah. Penyebab psikologis yaitu ketegangan yang berasal dari reaksi seseorang terhadap lingkungannya, stress mental karena sesuatu yang dirasakan tidak dapat dilakukannya. 

Penyebab cadel pun macam-macam. Bisa karena kurangnya koordinasi antara organ-organ yang berperan dalam pelafalan, seperti mulut dan lidah. 

Penyebab Gagu, cadel dan gagap bisa karena masalah dengan pita suara bahkan karena masalah dari otak maupun masalah lainnya.




Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
Hubungi : Sinshe Jerry
Pluit Kencana 2 No: 11 
Jakarta Utara 14450 Indonesia
Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  Email: leojerry3@yahoo.com

Salam Sehat Selalu. 

Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar