Minggu, 12 Juli 2015

36. Penyakit Migrain / Sakit Kepala Sebelah / Migraine Headaches

Apa Itu Penyakit Migrain / Sakit Kepala Sebelah / Migraine Headaches?

Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang seringkali berhubungan dengan gejala-gejala sistem syaraf yaitu rasa sakit di salah satu sisi kepala.
Migrain biasanya muncul bersama sakit kepala parah dan terjadi berulang hingga membuat seseorang tidak bisa melakukan aktifitas secara normal. Tingkatan rasa sakit, lama terjadinya sakit kepala, dan frekuensi serangan bervariasi. Migrain yang berlangsung hingga lebih dari 72 jam disebut status migrainosus.

Migrain adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Migrain dibagi dalam dua golongon besar yaitu :
  • Migrain Biasa (migrain tanpa aura) : Kebanyakan penderita migrain masuk ke dalam jenis ini. Migrain biasa ditandai dengan nyeri kepala berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai berat dan semakin parah pada saat melakukan aktifitas. Migrain ini juga disertai mual, muntah, sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau. 
  • Migrain Klasik (migrain dengan aura ) : Pada jenis klasik, migrain biasanya didahului oleh suatu gejala yang dinamakan aura, yang terjadi dalam 30 menit sebelum timbul migrain. Pada beberapa kasus, penderita migrain akan mendapatkan semacam peringatan/pertanda, disebut aura, sebelum serangan sakit kepala/migrain yang sesungguhnya datang. Aura tersebut bisa berupa satu atau lebih pertanda seperti gangguan penglihatan, sistem sensorik dan motorik, keseimbangan, dan lainnya.

Migrain (migraine headaches) merupakan salah satu jenis sakit kepala. Pada banyak orang, serangan migrain dirasakan hanya pada setengah bagian kepala, sehingga migrain sering juga disebut dengan istilah sakit kepala sebelah.
Migrain merupakan sakit kepala kambuhan/berulang. Rasa sakitnya bisa diperburuk oleh aktivitas fisik dan aktivitas di sekelilingnya, seperti suara dan cahaya. 

Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa fakta mengenai migrain, yaitu:
  • Wanita lebih banyak menderita migrain dibandingkan pria
  • Migrain muncul antara satu hingga empat kali dalam sebulan
  • Setiap serangan migrain bisa berlangsung dari 2 – 72 jam
Bila pasien mengalami migrain maka kemungkinan besar pasien tidak dapat bekerja/belajar dengan baik dan memengaruhi aktifitas kehidupan pasien. Migrain dengan jangka panjang akan mengakibatkan pasien stroke iskemik.

Kira Kira Gejala Apa Yang Bisa Muncul Apabila Seseorang Terkena Penyakit Migrain?

Terdapat beragam gejala migrain, dan bisa berbeda-beda untuk setiap orangnya. 



Beberapa gejala yang umum pada migrain antara lain:
  • sakit kepala sebelah
  • mual dan muntah
  • gangguan penglihatan sementara
  • sangat sensitif terhadap cahaya dan suara, dan dapat memperparah rasa sakit kepala
  • kelelahan
  • sebagian kecil orang mendapatkan ‘aura’ atau ‘peringatan’ sebelum serangan sakit kepala datang
  • dan lain sebagainya
Gejala yang mungkin muncul adalah sakit kepala berdenyut-denyut, biasanya juga disertai sakit leher, sensitif terhadap bau, lemas dan mudah tersinggung, merasakan sensasi dunia berputar, kepala terasa ringan, dan kebingungan. Gejala lain yang dapat turut menyertai: pandangan kabur, hidung tersumbat, diare, sering buang air kecil, pucat, atau berkeringat. Kulit kepala bengkak atau terasa lunak bisa juga terjadi seperti halnya kaku leher. Pasien juga bisa merasakan tidak dapat berpikir dengan normal, lemah. merasakan depresi dan gelisah.

Oleh sebab itulah kebanyakan pasien ingin berada di ruangan yang gelap dan tenang. Biasanya rasa sakitnya terjadi secara bertahap dan semakin parah seiring dengan bertambahnya aktifitas fisik. 

Kadangkala, sakitnya terutama terasa di bagian kepala belakang dan atas. Pada orang dewasa, sakit biasanya berlangsung selama 4 hingga 72 jam sementara pada anak-anak, seringkali berlangsung kurang dari 1 jam. 
Gejala-gejala yang turut menyertai antara lain fotofobia (semakin sensitif terhadap cahaya), fonofobia (semakin sensitif terhadap suara) dan rasa sakitnya semakin hebat bila melakukan aktifitas fisik. 

Banyak penderita sakit kepala migrain mengalami aura: yaitu semacam gangguan visual, indra, bicara, atau gerak/motorik yang menjadi pertanda bahwa sakit kepala tersebut akan segera muncul.

Gejala-gejala bisa muncul dalam berbagai macam fenomena antara lain: perubahan suasana hati, depresi atau euforia, lemas, sangat menginginkan makanan tertentu, otot kaku (terutama di bagian leher), konstipasi/sembelit atau diare, dan semakin sensitif terhadap bau atau suara keras. 

Satu atau dua hari sebelum timbul migrain, penderita biasanya mengalami gejala awal seperti lemah, menguap berlebih, sangat menginginkan suatu jenis makanan (misalnya coklat) dan gelisah.

Kira Kira Apa Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Terkena Penyakit Migrain?

Migrain dipercaya terjadi sebagai akibat dari gabungan berbagai faktor lingkungan dan genetik. Banyak terjadi pada orang-orang yang sudah berkeluarga. Kadar hormon yang naik-turun juga dapat berpengaruh: migrain juga banyak terjadi pada remaja pria daripada wanita sebelum masa puber, namun pada orang dewasa, lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Kecenderungan migrain biasanya berkurang selama masa kehamilan. 
Penyebab Migrain bisa juga karena kondisi psikologis seperti: depresi, kecemasan, dan gangguan lain. Penyebab lain bisa juga karena stres, lapar, dan kelelahan (hal-hal ini memang turut menyebabkan sakit kepala akibat ketegangan). 

Migrain lebih sering muncul saat menstruasi. Pengaruh hormonal lainnya antara lain penggunaan kontrasepsi oral, kehamilan, perimenopause, dan menopause. 
Migrain diyakini dimulai dari dalam bagian otak lalu menyebar ke dalam pembuluh darah. Darah terpompa ke dalam korteks serebral di dalam area yang terdampak lalu berkurang dalam waktu dua hingga enam jam. Ketika depolarisasi mengalir ke bagian bawah otak, syaraf-syaraf yang mengindra rasa sakit di kepala dan leher terpicu.

Migrain dapat dicetuskan oleh makanan, stres, dan perubahan aktivitas rutin harian. Pencetus migrain antara lain :
  • Konsumsi makanan tertentu seperti coklat, MSG, dan kopi
  • Tidur berlebihan atau kurang tidur
  • Tidak makan
  • Perubahan cuaca atau tekanan udara
  • Stres atau tekanan emosi
  • Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari.

Kira Kira Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Seseorang Terkena Penyakit Migrain?

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengurangi frekuensi serangan dan mengurangi gejala, misalnya mengurangi stres dan mengenali pencetus migrain, kemudian menghindarinya.
  • Atasi stres yang anda alami.
  • Mengikuti latihan relaksasi untuk mengurangi ketegangan otot.
  • Buatlah catatan harian mengenai sakit kepala anda.
  • Jika anda memperkirakan bahwa migrain yang anda alami mempunyai hubungan depresi atau kecemasan, cobalah minta pertolongan untuk mengatasi depresi dan kecemasan ini. Berkurangnya depresi dan kecemasan terkait dengan berkurangnya frekuensi serangan migrain.
  • Berdoa.
Cara terbaik untuk mengatasi migrain adalah dengan menghindarinya. Dengan mengenali dan menghindari pencetus, jumlah serangan dan tingkat keparahan migrain dapat dikurangi. Memang, beberapa pencetus di luar kemampuan kita untuk mengontrolnya, tetapi ada beberapa diantaranya yang dapat kita hindari. Hal-hal berikut dapat membantu anda untuk mencegah migrain :
  • Mengenali pencetus migrain dengan membuat buku harian
  • Tidur dan beraktifitas secara teratur
  • Makan teratur, dan menghindari makanan yang dapat mencetuskan migrain
  • Mengatasi stres



    Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

    1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
    2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
    3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
    4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
    5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
    6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
    7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
    Hubungi : Sinshe Jerry
    Pluit Kencana 2 No: 11 
    Jakarta Utara 14450 Indonesia
    Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  Email: leojerry3@yahoo.com

    Salam Sehat Selalu. 

    Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ditampilkan dalam blog ini saya tunggu artikel terbaru.
    Terimakasih

    BalasHapus