Sabtu, 11 Juli 2015

35. Penyakit Tumor

Apa Itu Penyakit Tumor?

Tumor adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak. Pertumbuhannya dapat digolongkan sebagai ganas (malignan) atau jinak (benign).
Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. 

Tumor adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan adanya pertumbuhan massa (solid/padat) atau jaringan abnormal dalam tubuh. Massa ini timbul sebagai akibat dari ketidak-seimbangan pertumbuhan dan regenerasi sel. Selain itu juga biasanya tidak berguna dan tidak diperlukan oleh tubuh. Tumor berbeda dengan kista (cairan) ataupun abses (bisul). 

Dalam kondisi normal, sel-sel baru akan tumbuh dan berkembang sesuai kebutuhan tubuh untuk menggantikan sel-sel tua yang mati. Proses ini terjadi secara terkendali. Tetapi jika penambahan sel-sel baru terjadi secara berlebihan, tumor akan terbentuk.
Dalam bahasa medis, tumor adalah terbentuknya neoplasma yang disebabkan oleh pertumbuhan atau regenerasi sel tubuh yang tidak wajar. 

Misalnya pada tangan Anda tiba-tiba muncul sebuah benjolan yang aneh. Nah, benjolan  dalam organ tertentu dalam tubuh Anda itulah yang disebut dengan tumor.
Benjolan tersebut muncul karena tidak normalnya pertumbuhan sel dalam organ tersebut. Idealnya, sel baru berfungsi untuk menggantikan sel lama yang sudah waktunya "pensiun". Akan tetapi karena sel baru yang menggantikan sel lama tersebut muncul secara tidak seimbang, akibatnya memicu terjadinya penyakit tersebut.
Karena muncul benjolan, maka hal itu juga menganggu keseimbangan fungsi organ itu sendiri. Akibatnya, organ tak berfungsi sebagaimana seharusnya dan mempengaruhi kondisi tubuh secara umum.

Tumor ada 2: tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Di Indonesia sendiri, istilah tumor lebih mengacu kepada tumor jinak.
Tumor jinak, tidak selalu berarti ‘tidak berbahaya’, meskipun sebagian besar biasanya tidak berbahaya. Sebuah tumor jinak (benign tumor) masih dapat berkembang, dan bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan, syaraf atau organ di dekatnya. Tergantung lokasi dan besarnya, tumor masih dapat menjadi penyakit yang serius dan membahayakan jiwa, seperti: tumor otak.

Tumor jinak hanya tumbuh pada satu bagian tubuh dan tidak menyebar atau menyerang bagian lain. Sedangkan tumor ganas atau yang sering disebut kanker adalah tumor yang dapat menyerang jaringan di sekitarnya, masuk ke pembuluh darah, dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. 

Tumor jenis jinak kemampuan menyebarnya lambat dan tak mampu menginfeksi organ tubuh lain. Namun demikian, tumor jinak harus tetap diwaspadai. Sebab dalam banyak kasus, tumor jinak berkembang menjadi tumor ganas karena terlambat mengobatinya.

Tumor jinak memang tidak terlalu berbahaya dibandingkan dengan tumor ganas, tetapi ada jenis tumor jinak yang harus diperhatikan ekstra terutama untuk daerah tertentu pada tubuh seperti tumor otak dan harus segera diambil tindakan penyembuhan. Tumor jinak perlu segera diambil tindakan yang cepat, apabila telat dapat menjadi tumor ganas yang dapat membahayakan kesehatan. Semakin cepat penyakit tumor jinak diobati, akan semakin baik hasilnya.

Tumor jinak biasanya dikelilingi oleh permukaan luar yang menghambat pertumbuhannya sehingga tak sampai berkembang menjadi tumor ganas. Namun pada beberapa kasus, tumor jinak dapat berkembang menjadi tumor yang ganas.
Tumor jinak sering dikatakan tidak berbahaya karena tidak sampai berkembang menjadi kanker. Namun demikian, penyakit ini tetap tidak bisa dianggap enteng karena dapat berakibat fatal pada kesehatan tubuh.

Tumor ganas disebut dengan nama kanker. Pengertian tumor ganas adalah tumor yang memiliki kemampuan menyebar sangat cepat dan mampu menginfeksi organ lainnya.
Oleh karena itu, tumor ini sangat berbahaya dan harus secepat mungkin diatasi. Sebab bila tidak, penderitanya akan cepat menuju pada kematian.


Kira Kira Gejala Apa Yang Bisa Muncul Apabila Seseorang Terkena Penyakit Tumor?

Gejala tumor biasanya berbentuk benjolan yang terlihat pada bagian tubuh. 
Gejala tumor dapat dilihat dengan kasat mata, salah satunya munculnya benjolan pada bagian tubuh, buang air besar yang disertai darah, siklus HAID yang tidak normal, berat badan menurun. Beberapa gejala umum yang dapat mengindikasikan tumor meliputi:
  • Sering kali merasa tidak sehat.
  • Rasa lelah yang ekstrem.
  • Demam dan menggigil.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Berkeringat pada malam hari.
Namun, dalam beberapa kasus juga ada penderita tumor yang tak mengalami gejala-gejala di atas. Dalam beberapa kasus, penderita tidak menampakkan gejala tumor apapun.

Tumor jinak biasanya diawali oleh hal-hal yang dianggap sepele seperti rasa gatal-gatal dan susah buang air. Gejala-gejala sepele tersebut jika tak diwaspadai bisa jadi menjadi isyarat munculnya tumor jinak. Kesehatan penderita akan bertambah buruk tanpa tahu apa penyebabnya, dan tahu-tahu ada jenis tumor tertentu yang sudah dalam keadaan stadium tiga atau lanjut. 

Tanda lain yang perlu juga diperhatikan adalah munculnya benjolan, tinja yang mengeluarkan darah, haid yang tidak normal, dan sakit pinggang yang terjadi tiba-tiba. Ada beberapa gejala tumor yang mungkin tak pernah diperhatikan oleh penderita, misalnya sering merasa kedinginan, kelelahan, demam, kehilangan nafsu makan, merasa tak enak badan, banyak berkeringat di malam hari, dan penurunan berat badan yang terlalu cepat.

Semua tanda dan gejala di atas bisa jadi ada kaitannya dengan tumor jinak. Namun tidak perlu terlalu takut. Asalkan Anda mengobati tumor jinak secepat mungkin, penyakit tersebut dapat sembuh. Kesehatan itu sangat berharga, jadi jangan tunggu sampai kondisi Anda memburuk. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendeteksi tumor adalah dengan memeriksakan kesehatan secara rutin.

Tumor ganas
Pada tahap awal, jaringan tumor ganas lunak jarang menimbulkan gejala apapun. Karena jaringan lunak sangat elastis, tumor dapat tumbuh cukup besar sebelum mereka merasa. Gejala pertama biasanya terjadi benjolan yang menyakitkan. Sebagai tumor tumbuh dan mulai menekan saraf dan otot di dekatnya, rasa sakit atau nyeri dapat terjadi. Pada tahap selanjutnya gejala tumor ganas akan berdampak seperti ini :
  • Muncul benjolan tidak normal
  • Adanya penebalan jaringan
  • Sakit atau luka yang tak kunjung sembuh
  • Pendarahan atau keluarnya cairan dari tubuh
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Nyeri haid yang rutin dan berkepanjangan pada wanita
Tiap tumor memiliki gejala berbeda-beda, tergantung kepada jenis dan lokasi pertumbuhannya. Misalnya, kanker otak yang dapat menyebabkan gejala sakit kepala tidak tertahankan, muntah-muntah secara mendadak, serta kejang-kejang. Sementara gejala kanker paru-paru dapat berupa batuk yang berkelanjutan dan bertambah parah hingga akhirnya menjadi batuk darah, sesak napas, rasa nyeri di dada serta kelelahan.



Ada juga jenis tumor ganas yang bahkan tidak menyebabkan gejala sampai mencapai stadium lanjut, misalnya kanker serviks serta kanker hati. 
Tanda lainnya adalah sakit pada bagian yang ditekan. Ketika suatu bagian tubuh yang diduga terserang kanker ditekan dan menimbulkan sakit, hal ini perlu juga dicurigai.

Kira Kira Apa Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Terkena Penyakit Tumor?

Penyebab Tumor Jinak:
  • Faktor keturunan dan kelainan genetika.
  • Konsumsi minuman keras yang berlebihan.
  • Kelainan pada sistem kekebalan tubuh.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Polusi udara.
  • Terkena sinar matahari yang berlebihan.
  • Radiasi. 
Penyebab Tumor Ganas :
  • Virus onkogenik.
  • Hormon tertentu
  • Kegemukan
  • Genetik yang bermasalah
  • Gaya hidup yang buruk
  • Minuman alkohol
  • Zat Kimia berbahaya
  • Radiasi 
  Apa Yang Bisa Saya Lakukan Untuk Mencegah Terjadinya Penyakit Tumor?

  • Berolahraga secara teratur.
  • Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, misalnya meningkatkan konsumsi serat, terutama sayuran dan mengurangi konsumsi makanan berlemak.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Mengurangi terkenanya badan oleh sinar matahari terutama pada siang hari, misalnya dengan menggunakan jaket, baju lengan panjang, sun cream dsbnya .
  • Mengurangi kimia yang mengandung racun.
  • Mengurangi terkenanya radiasi.
  • Menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin.



    Apa Yang Harus Saya Lakukan Sekarang?

    1. Segera Hubungi Sinshe Jerry.
    2. Telepon Dan Buat Janji Waktu Pertemuan.
    3. Datang Ke Lokasi Klinik Pada Waktu Yang Telah Ditetapkan Bersama.
    4. Bertemu Dengan Sinshe Jerry.
    5. Konsultasi Penyakit Dan Keluhan Anda Kepada Sinshe Jerry.
    6. Sinshe Jerry Akan Rekomendasikan Pengobatan Yang Akan Anda Lakukan.
    7. Lakukan Pengobatan Yang Sinshe Jerry Anjurkan.
    Hubungi : Sinshe Jerry
    Pluit Kencana 2 No: 11 
    Jakarta Utara 14450 Indonesia
    Telp:  Mentari 085811128718 / Simpati 081230292696  Email: leojerry3@yahoo.com

    Salam Sehat Selalu. 

    Izin Pengobatan  No.1.3.01.3175.421/22001/11.16


Tidak ada komentar:

Posting Komentar